Definisi Kejahatan

Ketika Soeharto turun, kala itu saya baru kelas 3 SD. Jadi saya tidak punya ingatan yang kuat tentang bagaimana pak Harto. Saya hanya tau dia otoriter. Itu saja. Disamping juga pembangunan Indonesia yang begitu pesat pada masanya dan ditutup dengan krisis moneter. Saya sama sekali tidak tahu bagaimana beliau berkomunikasi, menjalankan manufer-manufer politiknya. Somehow, Saya menemukan video berikut :

Dalam video tersebut dia menceritakan tentang ideologi Soekarno dan keburukan cara memimpin Soekarno dengan cara yang sangat santun. Seakan membunuh musuh dari belakang sambil tersenyum di depannya. Dia merasa seorang jahat yang sedang menjelekan seorang jahat lainnya. Seperti seorang mafia yang sedang menghancurkan mafia lainnya. I feel so… somewhat. Saya lalu bertanya… apa sebenernya definisi orang jahat itu? Apakah orang-orang yang jelas-jelas melakukan sebuah kejahatan atau orang-orang yang melakukan kejahatan tapi dilapisi kebaikan sebagai topeng?

Tapi dari video ini bukankah garis-garis perjuangan moncong putih semakin jelas. Marxis yang berpolarisasi sedemikian rupa menjadi versi Indonesia, Marhaen. Jangan heran jika memang terasa aura-aura yang sama dalam pemerintahannya.

Saya ini hanya seorang perempuan yang hidup di dunia reformasi sebagai seorang Indonesia yang berusaha bersistem nilai Islam.

 

Tinggalkan Balasan

