Koreksi

Hari ini kuliah kewirausahaan ditiadakan. Dan aku pun pergi ke kosannya Ditari daripada ngegalau sendiri di kosan. Dan tiba-tiba saja dia berkata seperti ini, “Tau nggak kemarin ada yang bilang, ada yang aneh dengan logikamu. Kamu tuh kan nyebut Homo sapiens tapi kok nyebut itu ciptaan Tuhan. Logika tumpang tindih. Homo sapiens itu istilah yang percaya sama evolusi. Yang percaya sama evolusi dan homo sapiens dalam kerangka berpikir yang seperti itu bukan merupakan ciptaan Tuhan. Ya itu kayak tumpang tindih githu loh katanya…”

Zzz…

Sebagaimana reaksi orang yang dikritik aku membela diri, “perasaan aku nggak pernah bilang githu.”

“Pernah. Tapi aku lupa tulisanmu yang mana. Dan kayaknya kamu juga lupa tulisanmu yang mana.”

Zzzz….

Saya pun pulang dan menggalau. Saya penasaran tulisan yang mana yang dimaksud oleh teman saya itu. Saya periksa satu per satu tulisan saya. Dan ditemukanlah bait ini

“itu masih makhlukNya…

berspesies Homo sapiens… keturunan Adam dan Hawa… meski ada yang menyebut Adam dan Eva…”

dalam Hanya IMAN yang boleh tanpa alasan.

Sejujurnya saat itu saya memang tidak berpikir soal logika itu sebegitu jauhnya. Homo sapiens dan keturunan Adam dan Hawa/Eva baru saya sadari sebagai dua kerangka berpikir yang berbeda. Walau dalam rangka sastra yang lebih mengutamakan keindahan. Walau sebenarnya sastra bisa saja bebas logika. Tapi saya tetap mau sastra saya masuk logika. Hm… jadi saya koreksi deh tulisannya… dan kepada seseorang yang mau berpikir sampe sejauh itu mengoreksi logika saya, terima kasih. Terimakasih pula pada orang yang menyampaikannya.

https://khadijahavicena.wordpress.com/2012/04/24/hanya-iman-yang-boleh-tanpa-alasan/

Tinggalkan Balasan

