Alangkah Lucunya Negeri Ini

Alangkah lucunya negeri ini…
Aku baru tahu seberapa lucunya negeri ini…
Dimana uang bisa membuat tumpul penegakan hukum…
Dimana kolektifitas berfungsi dengan sedemikian munafiknya…
Negeriku ini lucu sekali…
Sampai aku tak sanggup menangisi sesuatu yang pantas ditangisi…
Lelah menangis…
Sudah… Tertawakan saja…
Aku pun menyesali sebuah momen yang sebenernya bisa menjadi sangat lucu… namun pada kenyataannya ini jadi momen hening…
Ya. Momen manusia naïf yang bersih. AKU.
Ada sebuah percakapan dengan seorang dosen.
Dia begitu kecewanya dengan anak muridnya yang malah mencari yang melaporkan.
Kutanggapi wajar… “Biasa Pak. Di DPR juga kayak githu. Saya nggak kaget.”
Dan hening… namun aku begitu menyesali percakapan ini…
Seharusnya percakapan ini bisa menjadi sangat lucu…
“Saya heran kenapa kalian malah cari yang laporin sih?”
Dan kujawab santai… “Bapak udah berapa tahun jadi WNI pak?”
Ini pasti lucu sekali…
Dan tertawalah kita… menertawakan betapa lucunya negeri kita tercinta ini…

Siapapun kamu diujung sana…
Aku bersamamu… hanya saja…
aku sudah lelah dengan semua kemunafikan ini…
lelah… sampai rasanya ingin mati…

kata gie pun ada filsuf yang berkata bahwa… “Yang paling beruntung adalah tidak pernah dilahirkan. Kedua mati muda. Dan yang paling sial adalah mati tua”
Walau begitu aku tak mau mati…
Walau dengan mati kita akan tahu mana kebenaran… semua kebenaran dari apa yang kita imani… yang tak satu pun dari kita bisa menghakimi diri sendiri apalagi orang lain…
Aku tak mau mati…
Karena aku tetap ingin menikmati keindahan Awan… Awan yang melindungiku dari sinar matahari agar tak terlalu menyengat dia bersinar…

jadi kulupakan saja semua kemunafikan disekitarmu…
pasang kacamata kuda… anggap semua tak ada…
dunia munafik ini tidak ada…
Hanya ada aku dan Awan di atas langit sana…

Tinggalkan Balasan

