Garpu Tala yang Mencari Resonansi

Aku garpu tala. Anggap saja aku punya mata melihat dan kaki untuk berjalan dan berlari. Untuk membantuku menceritakan semua yang kualami. Diluar itu aku hanya kumpulan atom Fe dengan atom-atom lain yang menjadikanku nyata. Aku bukan sel yang mempunyai mitokondria sehingga tak perlu oksigen untuk bernafas.

Aku garpu tala yang terus berjalan, kadang berlari, mencari resonansi. Resonansi, getaran yang sama. Dibutuhkan frekuensi yang sama. Frekuensi ditentukan oleh kesatuan bentuk, besar dan bahan. Tidak perlu sama, yang penting menghasilkan frekuensi yang sama.

Aku memulainya. Ku temukan sebuah garpu tala. Ceria sekali. Dia terus bergetar tiap ada garpu tala lain yang bergetar. Aku pun penasaran ingin mencoba. Aku bergetar. Dan dia hanya bingung melihatku bergetar. Dia tidak bergetar sama sekali. Aku terus bergetar. Namun, lama-lama dia yang tinggalkan aku. Bertualang mencari garpu tala lain yang bisa menggetarkannya. Aku mencari lagi.

Kini kutemukan garpu tala. Dia sendiri. Melihatku. Aku pun bergetar. Dia masih melihatku, tapi tak bergetar juga. Lama-lama ada setetes air mata yang mengalir. Aku tak mengerti apa artinya. Yang jelas setelah itu dia pergi.

Aku kembali mencari. Sudah 2 kali aku gagal. Kali ini aku tak akan sembarang bergetar. Kini kutemukan sebuah garpu tala. Ceria, namun tak bergetar tak juga ketika banyak garpu tala lain yang juga mencari resonansi. Sama denganku. Aku ingin tinggalkan. Tapi tak bisa. Aku masih penasaran. Namun, tak ingin dulu bergetar.

Ku tunggu, kubiarkan semua garpu tala yang mencoba menggetarkannya pergi. Kutunggu, kutunggu dan kutunggu. Entah apa yang membuatku sabar untuk terus menunggui semua garpu tala itu pergi. Dan semua garpu tala itu pergi. Tanpa ada yang berhasil menggetarkannya. Dia tidak melihatku. Hanya memang segara akan beranjak pergi. Entah apa, aku bergetar dan tak disangka dia pun bergetar. Dia mulai melihatku. Dan kami terus bergetar. Bersama.

Resonansi… hakikatnya adalah kesamaan frekuensi. Bukan masalah bagaimana kita mencari. Bagaimana kita temukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s