Kebenaran

Saya pernah bertanya apa itu kebenaran. Semua itu tergantung dari pengetahuan yang kita punya dan tentu saja hati kita yang mana pada akhirnya akan memilih mana yang benar. Karena bila kita gali definisi, parameter dan titik acuannya, semua sangat bisa untuk menjadi benar.

Ada sebuah keisengan saya berpikir yang tiba-tiba saja terpikir dalam ketidakjelasan geladi. Hehe…

Saya ingin mengkaji apa itu kebenaran berdasarkan klasifikasi kelas sosial jaman hindu kuno yang biasa kita kenal dengan nama KASTA. Bukan berarti ini ajaran hindu. Saya hanya meminjam beberapa istilah-istilahnya saja.

Kasta Brahmana dikisahkan adalah kasta dimana orang-orang ini tidak mempunyai pikiran dan nafsu duniawi lagi dan DINILAI dekat dengan Tuhan. Buat mereka, kebenaran adalah perkataan Tuhan. Karena sudah tidak punya pikiran dan nafsu duniawi lagi, kasta ini cenderung mempunyai tingkat kompromi yang rendah. Yang benar adalah benar, tidak bisa jadi salah. Begitu juga sebaliknya. Apapun alasannya.

Kasta Ksatria adalah kalangan bangsawan dan para negarawan, kalau diproyeksikan pada jaman sekarang mungkin mereka bernama PEMERINTAH. Buat mereka kebenaran adalah sesuatu yang baik bagi bangsa atau negaranya. Termasuk masalah Tuhan. Terkadang, mereka memanfaatkan kata-kata Tuhan dan mitos-mitos agama kalau itu  bisa membuat bangsa atau negaranya maju atau memberikan keuntungan padanya.

Kasta Waisya adalah kalangan yang paling banyak. Kalau diproyeksikan ke jaman sekarang, mereka adalah para pengusaha atau pekerja menejerial tingkat menengah yang tergenjet kasta ksatria dan kasta sudra. Karena ketergencetan itu, pada akhirnya bagi kasta waisya, kebenaran adalah sesuatu yang menguntungkan bagi mereka. Semuanya jadi halal asalkan pada akhirnya mereka untung. Kalau keberadaan Tuhan menguntungkan untuk mereka, maka Tuhan itu ada. Saya masih beranggapan ini mengerikan.

Kasta Sudra adalah kalangan yang biasa disebut rakyat. Pendidikan rendah, dan itu dipelihara. Buat mereka kebenaran adalah apa-apa yang katakan oleh kasta ksatria. Apapun yang dikatakan dan diperintah oleh kasta ksatria adalah kebenaran. Termasuk masalah Tuhan. Sama mengerikannya.

Masih adakah klasifikasi sosial seperti ini? Apa Brahmana, Ksatria dan Sudra sudah berubah menjadi kasta Waisya SEMUANYA?

One thought on “Kebenaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s