12 Mei

12 Mei. Untuk mahasiswa seharusnya ini menjadi tanggal bersejarah yang tidak terlupakan. Tapi apa? Saya sendiri diingatkan tentang hari itu oleh dua orang kakak saya yang kini statusnya tidak lagi mahasiswa. Hoho… dalem.  Mungkin mereka ini ingin tahu apakah kader-kader yang dicetaknya masih ingat tentang apa yang pernah didoktrinkan olehnya. Semua mitos tentang mahasiswa dan pemuda.

Sejujurnya ini adalah sesuatu yang dilematis. Seseorang  bisa dikatakan mahasiswa jika dia berkuliah di PT. Apakah itu institut, universitas atau sekolah tinggi sejenis. Dengan demikian, secara logis tanggung jawab pertama mahasiswa adalah masalah akademik.

Sejujurnya hal yang saya ingat tentang tanggal 12 Mei adalah H-1 pengumpulan tugas besar DAA. Yang lama itu mikir apa yang sebenernya harus dilakukan. Yang bahkan setelah pengumpulan pun saya masih tidak yakin bahwa tugas yang saya kerjakan benar. Berbagai penafsiran tentang tugas itu luar biasa beragam. Jadi, boro-boro inget tentang tanggal 12 Mei, 13 tahun yang lalu ada apa.

Bahwa pemberontakan yang “terlihat” di stimulus mahasiswa menumbangkan sebuah rezim yang tidak pernah terbayang bisa diruntuhkan. Ibu saya pernah bilang, tidak pernah terbayang bahwa presiden bisa berganti. Bahkan kali ini dalam jangka waktu 13 tahun kita telah berganti presiden sebanyak 4 kali.

Ah, pembelaan diri yang kuno. Mencari pembenaran. Yang sebenarnya adalah memang saya sudah tidak lagi peduli dengan apa yang terjadi pada mahasiswa hari ini. Saya dan teman-teman saya hari ini. Mungkin karena kehilangan harapan atau karena merasa “bukan saatnya lagi bagi saya”. Huh! Sombong sekali!!!

Hanya sebuah reflektif tentang apa yang terjadi pada diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

