Visi Motivasi Aksi

Ini adalah soal UAS Manajemen nomor 3. Mengarang bebas. Hahaha…

Visi yang spesifik, motivasi yang tinggi dan aksi yang membumi adalah 3 serangkai yang tidak bisa dipisahkan. Tidak bisa tidak ada salah satunya. Cacat, bila salah satunya tidak ada. Akan coba saya tunjukkan dari mulai kecacatan yang masih bisa diperbaiki, sampai kecacatan yang paling fatal.

Keadaan pertama adalah visi yang spesifik dan motivasi yang tinggi, namun aksi tidak membumi. Dengan keadaaan yang seperti ini, akan menimbulkan kesalahpahaman akan aksi yang dilakukan oleh subjek. Atau bisa jadi dianggap tidak melakukan aksi. Akan dianggap NATO. No Action Talk Only. Aksi memang ujung tombak dari visi dan motivasinya. Bila salah pada bagian ini, visi yang spesifik dan motivasi yang tinggi tidak akan berarti apa-apa dan akan dinilai sebagai sesuatu yang konyol. Tapi, ini yang relatif lebih mudah diperbaiki.

Keadaan kedua adalah visi yang spesifik dan aksi yang membumi namun motivasi rendah. Motivasi yang rendah ini akan berefek pada kualitas aksi yang dilakukan. Dan kualitas aksi yang tidak luar biasa tidak akan memberikan arti apa-apa. Sama pula dengan NATO pada akhirnya. Dan lama-lama aksi yang telah membumi itu pun akan mati. Lebih sulit dari keadaan pertama, namun tidak sefatal keadaan yang selanjutnya.

Keadaan yang paling parah adalah… motivasi yang tinggi, aksi yang membumi namun tidak punya visi yang spesifik. Tahu dimana kefatalannya? Keadaan seperti ini akan menimbulkan pragmatisme dan oprtunisme dalam melakukan aksi yang membumi tadi. Kualitas aksi mungkin akan baik, tapi kosong tanpa makna. Hilang tujuan.

Ketiadaan satu unsur saja sudah begitu fatal. Apalagi bila keberadaannya hanya ada satu, kita semua bisa berpikir ini artinya apa.

One thought on “Visi Motivasi Aksi

  1. manusia itu ibarat kendaraan.
    iya harus terus diisi bahan bakar motivasi
    menuju suatu kota bernama visi.

    namun ingat kendaraan, dan bahan bakar belum cukup (ibaratnya mobil yg cman d panasi di tempat terus),
    perlu ada orang yg memberi aksi
    yaitu mengendarainya untuk mencapai tujuan

    inspiration:
    uas manajemen ku jg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s