Batas Asaku (OST. Perempuan Berkalung Sorban)

Dapet tugas bikin slide bahasa Inggris… Ayo kita bernyanyi bersama… Kita karokean…

Alah…

Hm… mencoba mengkaji isi dari lagu ini…

 

Bila Ku Tercipta Dari Tulang Rusukmu

Mengapa Ku Mampu Sempurnakan Hidupmu

Bila Ku Ada Karena Kau Ada

Mengapa Kau Tak Bisa Sendiri Sahaja

Ini adalah pertanyaan dari seorang perempuan.

Kalau memang dia tercipta dari HANYA tulang rusuk seorang lelaki. Artinya perempuan HANYALAH pelengkap dari seorang lelaki. Kenapa seorang wanita bisa menyempurnakan hidup seorang lelaki.

Kalau memang dia ada karena keberadaan lelaki. Dalam cerita, disebutkan bahwa perempuan tercipta setelah laki-laki tercipta. Hal ini MEMBERI KESAN bahwa perempuan ada karena ada lelaki. Juga MEMBERI KESAN bahwa perempuan tidak akan ada bila lelaki tak ada. Lagi-lagi hanya dihargai sebagai pelengkap. Kalau begitu, mengapa nggak sendiri aja.

Padahal sudah banyak yang melakukan riset. Bahwa lelaki itu lebih tidak kuat hidup sendiri dibandingkan perempuan. Sedangkan seorang perempuan, walau secara fisik mempunyai terbatas dia lebih mampu untuk hidup sendiri. Maka keluarlah kata-kata itu… Mengapa Kau Tak Bisa Sendiri Sahaja…

 

Dalam Teguh Tak Larut Belaian

Ranum Sahaja Bukan Hiasan

Untaian Cinta Gapai Genggaman

Yakinkan Mimpi Dalam Iman

Ini gambarannya tentang seorang wanita tegar. Bicara tentang dirinya yang teguh dan tak larut dalam buaian. Bicara tentang keindahannya yang bukan hiasan. Yang punya cinta di hati dan menitipkan mimpinya (“mimpi seorang wanita”) padaNya.

 

Batasku Sedari Raut Kudratku

Asaku Menari Terbalut Sorbanmu

Lembutnya Jiwa Sambut Nestapa

Terngiang Syahdu Iman Di Dada

Ini adalah sebuah cerita. Tentang bagaimana budaya dunia sudah sedemikian rupa melakukan hal yang “tidak adil” kepada perempuan.

Bagaimana perempuan biasa diletakkan di “kepala” dan di “kaki”.

Bagaimana perempuan biasanya diagungkan begitu berlebihan. Sehingga membuatnya bahkan bisa dijadikan alasan meletusnya perang. Dan terkadang, ada yang bangga dijadikan alasan perang.

Namun, sering kali perempuan bahkan dijadikan sebuah komoditas ekonomi. Dihargai seperti perhiasan-perhiasan emas tak bernyawa. Tak dianggap manusia. Setelah dibeli, merasa dimiliki dan diperlakuan sesuka hatinya. Penghinaan terdalam dalam kemanusiaan.

Padahal wanita itu tulang rusuk. Ada di dekat jantung dan paru. Yang bengkok. Butuh kasih sayang dan kesabaran untuk meluruskannya. Bila terlalu keras, ia bisa patah. Bila patah, bisa merusak jatung dan paru. Kronis.

Padahal wanita itu tulang rusuk. Yang dekat dengan tangan. Yang adilnya untuk dilindungi.

Asaku Menari Terbalut Sorbanmu. Puncak. Menghambarkan bahwa perempuan tak pernah bisa punya keinginan sendiri. Terbalut kekuasaan lelaki. Perasaannya yang lembut dengan keterbatasan fisiknya hanya bisa mengantarkannya melawan dalam diam.

 

Bila Cerita Tak Lagi Ceria

Mahligai Cinta Merona Terlena

Senada Iman Kusimpan Derita

Kuatkan Hati Bersimpuh Pada-Nya…

Dalam bait ini dijelaskan cara perlawanan yang BISA dilakukan seorang perempuan. Hanya disimpan di hati dan memasrahkannya. Dia hanya ingin dimengerti. Tak butuh diberi solusi. Begitulah seorang perempuan melakukan perlawanannya. Terkadang, lelaki tak mengerti. Dan mereka akan terus melawan sampai lelaku mengerti. Sayangnya lelaki memang tercipta dalam keadaan tidak bisa mengerti wanita. Hm…

Tidak ada yang bisa mengerti perempuan termasuk perempuan itu sendiri…

One thought on “Batas Asaku (OST. Perempuan Berkalung Sorban)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s