Maafkan hamba baginda…

Kita membahas Politik…

Politik itu apa?

 

Banyak jawaban yang muncul :

seni mempengaruhi, seni pembagian kekuasaan…

 

Jawaban orang yang tahu :

Tidakkah jawaban itu salah? Politik itu harusnya berasal dari kata siyasi yang artinya mengatur atau mengurusi perkara.

 

Pertanyaan dalam hati seorang yang tidak tahu apa-apa :

Hm… Tapi buatku kata-kata ini tidak menutupi 2 kata pernyataan awal. Kupikir perkataan Bennedict Anderson bahwa rakyat adalah sekumpulan orang- orang bodoh yang mudah diarahkan, dikelabui, dan dibodohi tidak relevan lagi. Rakyat sekarang sudah tidak bodoh lagi, jika memang implikasi dari bodoh adalah mudah diarahkan, dikelabui, dan dibodohi. Menuruti saja apa yang dikatakan pemimpinnya. Kini rakyat sudah merasa sanggup mengurusi dirinya sendiri. Mungkin mereka lelah terus diinjak dari satu rezim ke rezim baru. Rakyat sudah lelah menyaksikan revolusi. Dunia ini sudah terlalu lelah dengan segala peradaban yang ada, peradaban yang diwarnai darah dan air mata. Entahlah.

Karena itu diperlukan sesuatu yang menjadi legitimasi bagi sekelompok rakyat agar dia mempunyai otoritas mengatur urusan-urusan tersebut. Legitimasi itu adalah tak lain sebuah kekuasaan.

Rakyat sekarang sudah tidak bodoh lagi. Sudah merasa sanggup urusi dirinya sendiri. Lelah dibohongi, bosan dengan revolusi. Maka, pengaruhi mereka agar menjadi pintar. Pintar yang sebenar-benarnya. Agar mereka mengurusi diri mereka dengan benar. Dan sekelompok orang yang disebut “pemerintah” itu hanyalah sebagai media administrasi yang memang hanya mengurusi rakyat, bukan mengarahkan, mengelabui apalagi membodohi rakyat.

 

Maafkan rakyat yang bodoh ini wahai baginda… karena sebenarnya hamba hanyalah rakyat kecil hanya tahu sedikit hal… hamba tahu… baginda tahu lebih banyak hal… tapi… hamba hanya ingin menyampaikannya dari arah hamba memandang…

2 thoughts on “Maafkan hamba baginda…

  1. like this..
    rakyat memang tidak bodoh..
    tapi apatis,karena urusan kata mereka “urusan dapur” sendiri aja belom beres ngurusin urusan orang lain..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s