*Refleksi “Smilling Charity”

Acara MPAI yang wajib diikuti semua anak tingkat 1. Inti acara ini adalah bakti sosial. Kita mengunjungi rumah-rumah warga dan memberikan bingkisan sembako. Setelah itu kami juga mengadakan wawancara.
Tahu apa kata mereka tentang kita?

Mahasiswa IT Telkom, terutama yang laki-laki itu suka ribut, kami terganggu. Tapi mau bagaimana lagi, kami hanya orang kecil.

Hal pertama yang ingin saya soroti adalah…

Tapi mau bagaimana lagi, kami hanya orang kecil.

Ini khas bicara orang Indonesia. Merasa dirinya rendah. Dan tidak berani mengungkapkan kalau mereka terganggu. Nggak mau cari masalah. PLAGMATIS.

tapi… saya sama sekali tidak bisa menyalahkan mereka. Karena memang prilaku seperti itulah yang telah dibentuk oleh dunia pendidikan kita. Rata-rata mereka belum pernah mengenyam bangku kuliah. Mereka tak pernah merasakan candu intelektualitas seperti kita semua para MAHAsiswa.

Hal kedua adalah….

Esensi dari kata-kata tersebut. Mahasiswa IT Telkom suka ribut, dan kami terganggu. hohoho. Sangat mengenaskan menyaksikan para calon PEMIMPIN BANGSA yang seharusnya menjadi solusi bagi masyarakatnya malah menjadi masalah bagi llingkungannya. Sadarlah para mahasiswa, bahwa kalian hanya berjumlah 2%. Tak semua orang bisa mengenyam candu intelektuliatas seperti kita semua. Bukankah itu bisa jadi alasan untuk kita supaya kita bisa lebih konkret memberikan solusi untuk masyarakat? Orang-orang yang suatu hari nanti mungkin akan kita pimpin.

Dan alangkah baiknya kalo itu solusi itu bukan hanya kita membatu mereka, tapi kita juga bisa membuat mereka bergerak danmenjadi solusi untuk mereka sendiri. Jadi ngasih pancingnya, bukan ikannya.
Kan lagi rame2 pemilu nih ya…

Lalu? adakah hubungannya dengan pergerakan mahasiswa? tentu saja sangat ada. Arti dari semua ini adalah organisasi-organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus kita tidak berhasil menggerakan mahasiswanya sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Pesan saya pada siapapun yang akan jadi pimpinan. BEM, UKM, Himpunan atau apapun itu. Tolong lebih konkret lagi dalam mengarahkan proker bawah-bawahannya. Selaraskan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Yang ketiga yang saya rasakan masih sangat kurang.

Khususnya untuk HMIF,, saya belum melihat adanya kontribusi nyata HMIF dalam Pengabdian Masyarakat. Baik itu secara job desc divisi maupun dalam kegiatan-kegiatannya.

Walaupun salah satu calon bilang kalo BEM itu pengenalan politik dan Himpunan itu pengenalan profesi.(saya tidak datang, tapi saya lihat notulensinya)
m…
Harapan saya… apapun itu bentuk pergerakan mahasiswa tersebut, baik BEM, UKM, Himpunan atau apapun itu… Itu bisa selaras dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tidak ada dikhotomi seperti yang kakak katakan.

Saya hanyalah seorang rakyat kecil yang mencoba menyampaikan harapannya pada para calon pemimpinnya…

061209 notesfb

2 thoughts on “*Refleksi “Smilling Charity”

  1. “…BEM itu pengenalan politik dan Himpunan itu pengenalan profesi…”

    menurut saya ini masalah pengklasifikasian saja. tujuannya sama, mengarah 3 Dharma PT.

    dr segi pendidikan, keduany sdh mengarahkan spesialisasi pendidikan apa yg akan dirangkul—BEM di politik & himpunan di disiplin ilmu sesuai peminatan; dr segi penelitian, biasanya memang tugas himpunan yg getol ngerawat ‘workshop’ sesuai peminatan, dan pengabdian masyarakat,,,tujuan semua 2 P sebelumnya bermuara pada pengabdian masyarakat.

    sayangnya, sebagian besar aktivis sekedar ‘proker oriented’, blong…kosong pemaknaan dan kesadaran bergerak. berhubung saya Pasivis (hehe), maaf jika saya salah.

    allahu ‘alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s